Aplikasi Pernis Kayu Warna Natural Yang Cocok Untuk Bambu

Tampilan furniture bambu akan tetap terjaga dengan baik jika dirawat secara rutin. Lalu bagaimana untuk menjaga tampilan natural pada bambu? Gunakan pernis kayu sebagai lapisan dasarnya.

Bambu merupakan jenis material furniture yang sangat efektif untuk menggantikan kayu karena sama-sama kuat namun bambu lebih ringan. Bambu sering digunakan untuk bahan baku funriture karena tampilannya yang natural dan menyejukkan. Bahkan sering kita jumpai dalam hunian rumah ditanami pohon bambu hias guna memberikan kesan asri pada hunian.

Furniture dengan material bambu biasanya banyak diguankan pada hunian rumah dengan mengusung konsep klasik atau tradisional yang notabene menyukai kesan natural pada furniture atau perabotan yang digunakan. Untuk menjaga tampilan furniture bambu tersebut terlihat menarik maka perlu aplikasi cat, diantaranya Anda dapat menggunakan pernis kayu.

Aplikasi Pernis Kayu Pada Furniture Bambu

Cat pada bambu tidak hanya digunakan untuk memberikan tampilan yang indah melainkan juga menjaga serta melindungi bambu dari faktor perusak bambu seperti debu, jamur atau serangga perusak. Walaupun furniture bambu sudah dilapisi cat tetap saja Anda perlu merawat furniture tersebut dengan baik agar bambu tidak mudah kusam atau rapuh. Perawatan furniture sangat lah mudah, Anda hanya perlu membersihkan setiap hari dengan kemoceng. Namun, untuk hasil maksimal sebaiknya aplikasikan poles kayu ke permukaan bambu agar tampilan selalu mengkilap dan terlihat baru.

Hindari penggunaan air langsung pada permukaan bambu karena dapat memicu jamur atau serangga, selain itu air juga dapat menyebabkan cat pada bambu cepat memudar. Hal yang terpenting agar bambu tetap taha lama adalah dengan cara refinishing setiap tiga atau lima tahun sekali dengan pernis kayu. Kenapa harus pernis? Penggunaan pernis bukan karena tanpa alasan melainkan pernis lebih mudah diaplikasikan terutama bagi Anda yang suka DIY dan lebih murah bahkan tampilannya juga maksimal.

Berikut refinishing furniture bambu yang tepat:

  1. Ampelas permukaan bambu dengan kertas ampelas no. 240 hingga lapisan cat lama terangkat seutuhnya dari permukaan bambu
  2. Pastikan bambu tersebut tidak terserang jamur atau serangga, jika terlanjur maka aplikasikan obat anti jamur atau anti serangga kayu pada bagian yang terserang. Agar lebih aman dan tidak mengganggu lingkungan sebaiknya Anda gunakan BioCide.
  3. Pernis kayu sebelumnya dilarutkan dengan pelarut kemudian aduk hingga homogen, kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan bambu menggunakan kuas.
  4. Tunggu hingga kering lalu siap digunakan.

Pernis kayu di atas bisa menggunakan Biovarnish Wood Stain yang dijamin lebih aman dan ramah lingkungan daripada cat kayu lainnya.

Pernis Kayu Yang Rendah VOC

VOC (Volatile Organic Compound) merupakan senyawa organik yang beracun dan sangat mudah menguap di udara. Pada umumnya, kandungan VOC ini terdapat pada berbagai bahan finishing, penyemprot ruangan, AC dsb. Pada bahan finishing tidak semua kandungan VOC yang dimiliki tinggi, terdapat bahan finishing yang rendah VOC. Ya, bahan finishing yang rendah VOC dipastikan aman untuk digunakan dan cenderung lebih ramah lingkungan. cat dengan rendah VOC hanya bisa Anda jumpai pada cat water based.

Cat ini tergolong baru berkembang di Indonesia terlabih penggunaannya yang masih sedikit karena banyaknya industri kayu, DIY ataupun UKM yang masih menyukai cat solvent based. Kenyataannya bahwa cat water based jauh lebih murah dan bagus digunakan karena dihitung dari biaya produksi Anda tidak perlu membeli bahan pelarut seperti thinner, ethanol, sipiritus atau bahan pelarut lainnya namun cukup dengan air saja. Salah satu pernis kayu water based yang dipastikan aman dan ramah lingkungan adalah Biovarnish Wood Stain. Untuk informasi dan pemesanan silahkan menghubungi kontak berikut via phone maupun WhatsApp  ke no. 0879 3934 6433 atau 0822 2026 5056.