Trik Mengecat Dan Memilih Warna Pagar Besi Dengan Benar

325
memilih warna pagar besi
warna hitam menjadi pilihan warna pagar besi yang netral

Apakah anda merasa bosan dengan warna pagar di rumah anda? Apakah cat nya sudah mulai usang? Jika iya ada baiknya anda melakukan cat ulang pada material pagar. Salah satu material yang perlu dilakukan secara berkala adalah material besi.

Mengikis Lapisan Cat Lama

memilih warna pagar besi
membersihkan sisa sisa warna cat sebelumnya

Untuk melakukan pengecatan ulang pada material besi, sebaiknya kelupas dahulu lapisan cat yang lama menggunakan alat bantu berupa spatula atau kape hingga benar-benar bersih. Proses pengikisan ini membutuhkan kesabaran yang cukup ekstra. Pengikisan dilakukan dengan tujuan agar hasil cat merata dan tidak muncul gelombang pada permukaan. Adanya sisa karat justru akan menghasilkan karat yang baru yang jika dibiarkan akan merusak permukaan cat yang lain.

Amplas Besi Pagar

memilih warna pagar besi
amplas bersih sisa sisa cat pagar besi sebelumnya

Proses pengikisan cat menggunakan spatula biasanya masih meninggalkan sisa cat membandel atau debu. Gunakan amplas dengan tingkat kekasaran yang medium untuk memastikan besi benar-benar bersih.

Aplikasikan Cat Besi

memilih warna pagar besi
setelah pagar besi siap, langsung di cat dengan warna sesuai pilihan

Jika proses pengikisan dan amplas sudah selesai, saatnya melapisi pagar besi menggunakan cat untuk besi. Aplikasikan menggunakan kuas atau spray gun jika ada. Pastikan proses pewarnaan merata. Setelah selesai, biarkan mengering. Ulang prosesnya sampai mendapatkan ketebalan lapisan cat dan warna yang diharapkan.

Memilih Warna Cat Untuk Pagar

Material besi adalah material yang sangat populer digunakan sebagai material dalam pembuatan pagar, karena  selain bahannya yang mudah didapat, material besi juga material yang kuat dan mampu melindungi seisi rumah.

Mengecat pagar lama, berarti anda harus siap dengan warna baru dan nuansa baru yang ingin ditampilkan. Sebaiknya pikirkan dengan matang sebelum memilih warna cat.

  1. Sebelum memilih cat, lihatlah pemandangan sekitar rumah anda. Apakah banyak bunga-bunga cantik yang sayang jika dilewatkan? Pilih warna cat yang mampu menonjolkan warna-warna cantik dari bunga tersebut.
  2. Cocokkan warna cat yang akan anda pilih dengan jendela anda. Pastikan warna cat dinding anda cocok dengan warna jendela rumah anda.
  3. Beranilah berekspresi. Pastikan anda memikirkan apakah pagar anda ingin dijadikan sebuah titik fokus atau hanya sekedar aksen saja di halaman anda?
  4. Pertimbangkan untuk menggunakan beberapa warna jika ingin memunculkan gaya hunian yang berbeda.
memilih warna pagar besi
pilihan warna pagar besi dari cat orchid enamel pain

Memilih cat untuk pagar memang tidaklah mudah, karena semuanya bergantung kepada anda selaku pemilik rumah. Bagaimana gaya yang anda inginkan? Ingin warna-warni? Ataukah penuh warna? Bergaya klasik? Semuanya bergantung anda. Jadi, lakukan hati-hati ya.

Apapun yang akan anda lakukan pada pagar anda, baik mengecat yang baru maupun sekedar merapikan pagar, ada baiknya anda menanyakannya pada ahli rumah atau bangunan untuk mencari tahu biaya yang dibutuhkan dan warna yang cocok untuk pagar anda.

Jangan hanya memikirkan rumah anda saja, namun pastikan warna cat pagar bisa menyatu dengan lingkungan sekitar. Untuk amannya, sebaiknya pilihlah warna netral, namun jika rumah anda memang sebuah penitipan anak, tak ada salahnya anda menggunakan cat warna cerah.

Mengecat tidak hanya sekedar mengecat saja, namun juga dibutuhkan perawatan berkala agar cat dapat menempel secara sempurna. Anda perlu mempertimbangkan pengecatan ulang dalam beberapa waktu kedepan

Satu trik yang dapat anda lakukan untuk menemukan warna cat yang tepat untuk rumah anda adalah dengan mencetak gambar rumah anda, lalu coba cocokkan dengan warna lain. Lihat apakah cocok. Jangan takut untuk memberikan nuansa yang berbeda pada rumah anda ya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here