Tips Mudah Menggunakan Cat Kayu Kuas

212
cat-kuas-ordchid
cat-kuas-ordchid

Menggunakan cat kayu kuas tidak sesulit yang Anda bayangkan. Dengan mengikuti tips berikut Anda sudah bisa melakukan finishing furniture.  

Finishing furniture jika diabayangkan membutuhkan banyak alat seperti alat semprot, bahan pencampur thinner, kompresor , alat ukur, dll. Akan tetapi dengan menggunakan aplikator kuas saja Anda sudah bisa melakukan finishing furnitire. Hanya saja Anda harus memperhatikan tips berikut ini:

  1. Pastikan permukaan kayu halus, permukaan yang halus akan menghasilkan finishing yang rapi. Lakukan pengampelasan sebelum melakukan finishing.
  2. Pilih dua jenis kuas. Untuk penguasan bidang yang luas gunakan kuas berukuran sedang, jika untuk furnture banyak ukiran atau cekungan gunakan kuas kecil.
  3. Lapisi kuas dengan kain katun halus. Hal ini dilakukan untuk mengurangi brush mark pada permukaan kayu.
  4. Pastikan permukaan cat pada lapisan pertama sudah kering benar. Jika perlu sentuh secara ringan menggunakan jari. Jika terdapat sidik jari maka cat belum kering. Jika Anda mengecat diatas lapisan yang belum kering maka akan teradapat gumpalan cat
  5. Pemilihan jenis cat yang akan digunakan. Pemilihan ini akan menentukan hasil akhir pada furniture karena jika menggunakan jenis cat harus disesuaikan d ngan materialnya. Misalnya cat kayu kuas Orchid bisa digunakan untuk dua material sekaligus yaitu besi dan kayu.

Cat Kayu Kuas Warna Solid Lengkap

cat-kuas-ordchid
cat-kuas-ordchid

Sebelum finishing warna yang akan digunakan juga harus dipikirkan. Terdapat dua jenis warna pada cat yaitu warna solid dan warna natural. Untuk warna natural sendiri digunakan untuk furniture yang mengutamakan serat kayu. Natural transparan ini sangat mudah digunakan dan terdapat jenis cat kayu kuas untuk warna ini.  Cat kedua adalah cat warna solid. Cat ini akan menutup warna kayu secara sempurna dengan warna-warna cerah.

Tidak heran jika cat dengan warna solid ini lebih sering digunakan pada furniture anak atau rumah yang bergaya modern dengan variasi warna yang banyak. Tampilan furniture akan dipercantik dengan tampilan gloss atau mengkilap. Jika tampilan mengkilap akan menambahkan nilai mewah pada sebuah furniture.

Cara Jitu Memilih Cat Kayu Kuas

Jika tips cara menggunakan cat sudah Anda ketahui maka hal terakhir adalah memilih jenis cat yang akan digunakan. Pemilihan cat kayu kuas warna solid untuk kemudahan aplikasi Anda disesuaikan dengan ciri-ciri berikut ini:

  1. Cat water based, mengapa cat water based? Cat yang berbahan dasar air ini merupakan temuan teknologi terbaru. Selain itu juga Anda tidak akan mengeluarkan budget yang lebih untuk membeli bahan pencampur seperti thinner. Karena cat water based hanya membutuhkan bahan pencampur air saja.
  2. Cat aman, cat aman ini lebih mengutamakan kesehatan penggunannya, karena kebanyakan cat konvensional saat ini memiliki kandungan zat kimia berbahaya seperti merkuri, timbal dan formalin. Jenis cat ini hanya dimiliki oleh cat water based Orchid yang merupakan cat water based enamel paint. Cat kayu Orchid pembuatannya mnengacu pada regulasi internasional yang memiliki kebijakan bahan kimia seperti cat tidak mengandung zat kimia berbahaya.
  3. Cat solid bagus, dengan warna solid yang bagus, tampilan sudah didukung dengan semi gloss. Anda hanya membutuhkan aplikasi 3 hingga 4 kali untuk menutup permukaan kayu dengan rapat.
  4. Cat yang mudah didapatkan. Anda tidak perlu untuk pergi ke toko bangunan untuk mendapatkan produk cat. Dengan kecanggihan teknologi saat ini Anda bisa membeli produk melalui website ini. Cat kayu kuas Orchid merupakan cat yang direkomendasikan untuk finsihing dengan kuas kebutuhan warna solid.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here