Tips Mengecat Kusen Menggunakan Pernis

161
Tips Mengecat Kusen Menggunakan Pernis

Proses mengecat media atau proses finishing merupakan tahapan akhir setelah proses pembuatan produk selesai dilakukan dan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu bahan finishing yang banyak dikenali oleh masyarakat adalah pernis. Bahan ini merupakan bahan finishing dengan harga yang terjangkau sehingga banyak diminati oleh masyarakat dan juga para pengrajin kayu.

Nah, salah satu bagian dari rumah yang harus dilakukan proses finishing adalah kusen kayu. Mengapa demikian? Finishing bukan hanya memberikan warna pada kayu, namun juga dapat melindungi kayu dari serangan hama pemakan kayu, seperti bubuk.

Bagaimana cara finishing atau mengecat kusen kayu dengan menggunakan pernis ini dengan mudah? Simak tips berikut ini.

  1. Pastikan kusen bersih dan kering

Sebelum anda mengaplikasikan cat ada baiknya jika anda membersihkan kusen kayu anda dari debu dan juga kotoran yang menempel agar pernis dapat menempel dengan sempurna. Selain itu, pastikan juga kusen benar-benar kering agar kayu tidak menyusut.

  1. Pengamplasan pertama

Selain membersihkan kusen, anda juga dapat melakukan pengamplasan jika diperlukan. Pengamplasan ini dilakukan agar kusen kayu anda benar-benar rata, sehingga pernis dapat menempel dengan rata.

  1. Gunakan wood filler

Tips Mengecat Kusen Menggunakan Pernis

Setelah kusen benar-benar rata dan halus, siapkan wadah untuk mengencerkan wood filler yang sudah anda siapkan. Tuang wood filler pada wadah kemudian tambahkan air secukupnya. Aduk hingga merata. Gunakan kuas spons dan ratakan pada seluruh bagian kusen kayu anda. Pastikan tidak ada bagian yang terlewat. Tunggu hingga mengering.

  1. Pengamplasan kedua

Apabila kusen sudah benar-benar kering, maka siapkan amplas kemudian gosokkan pada seluruh bagian kusen kayu tersebut. Gosokkan dengan perlahan sampai kusen rata dan halus.

  1. Encerkan wood stain

Setelah kusen rata dan halus, siapkan wadah kembali untuk mengencerkan wood stain yang sudah anda pilih. Tuang wood stain secukupnya pada wadah dan tambahkan air. Aduk hingga merata. Setelah campurannya merata, maka kuaskan pada seluruh bagian kusen kayu anda. Tunggu hingga mengering.

  1. Amplas dengan nomor 400

Setelah lapisan wood stain mengering, maka siapkan amplas dengan nomor 400 dan gosokkan secara merata pada seluruh bagian kusen anda. Gosokkan dengan pelan dan perlahan saja. Pengamplasan pada kali ini hanya dilakukan secara mengambang saja.

  1. Gunakan clear coat

Tahap terakhir adalah menggunakan clear coat pada kusen kayu anda. Ambil wadah kemudian tuang clear coat dan tambahkan dengan air secukupnya. Aduk sampai rata. Apabila campuran sudah merata, kuaskan pada seluruh bagian kusen anda. Pastikan rata dan tidak ada bagian yang terlewat. Biarkan sampai mengering.

Nah, mudah bukan untuk melakukan finishing kusen kayu dengan menggunakan pernis? Oleh karena itu, pastikan anda memilih jenis pernis yang benar-benar aman bagi kesehatan anda. Salah pilih cat finishing dapat merusak kesehatan anda dalam jangka panjang.

Tips Mengecat Kusen Menggunakan Pernis

Kelebihan dari bahan finishing dengan water based adalah tidak menimbulkan bau apapun, sehingga aman untuk anda gunakan sebagai cat finishing untuk furniture ataupun untuk kusen rumah anda. Berhati-hatilah dalam memilih cat finishing pernis ini.

Hindari pemilihan pernis dengan bahan pelarut minyak atau thinner karena akan menimbulkan bau yang menyengat dan tajam. Hal ini tentu saja akan mengganggu kesehatan anda dan juga keluarga anda. Aplikasikan pernis water based anda dengan benar agar hasilnya lebih sempurna dan tahan lama. Perhatikan kuas atau alat semprot cat yang anda pilih pula.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here