Pilihan Warna Biovarnish Wood Filler

Warna dasar kayu sangat mempengaruhi hasil akhir finishing. untuk mendapatkan hasil akhir close pore, maka perlu filler yang sesuai dengan kebutuhan salah satunya adalah Biovarnish wood filler.

Dempul kayu biasanya banyak digunakan untuk mengatasi cacat pada kayu. Namun, dalam dunia finishing kayu memiliki dua jenis yaitu putty dan filler. Keduanya memang disebut dengan dempul namun kegunaan dari kedua jenis dempul tersebut sangat berbeda. Putty biasanya digunakan untuk melapisi kayu dengan tampilan akhir solid color atau digunakan untuk mengatasi bekas cacat pada kayu. Sedangkan filler banyak digunakan untuk tampilan natural kayu dan biasanya digunakan untuk menutup pori-pori kayu.

Kali ini, kami akan membahas filler yang bagus digunakan untuk finishing kayu dan terdapat berapa macam warna filler yang Anda perlu ketahui. Filler sangat mudah di jumpai di pasaran dengan beragam merk serta kualitas yang berbeda-beda. namun, dominasi filler yang berada dipasaran adalah filler yang menggunakan bahan dari resin atau solvent. Kegunaan resin atau solvent tersebut biasanya untuk melarutkan filler tersebut dan biasanya bentuk filler dengan bahan pelarut tersebut padat dan keras. Filler ini sangat sering digunakan untuk finishing pada furniture karena tampilan warnanya yang beragam. Namun tahu kah bahwa filler yang berada di pasaran tidak semuanya aman digunakan?

Filler yang menggunakan resin atau solvent tergolong jenis filler yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. kandungan bahan finishing yang menggunakan bahan dari solvent sudah dipastikan berbahaya karena kandungan VOC-nya yang tinggi. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk memilih filler yang aman. Filler dengan bahan yang aman untuk digunakan kini telah dikembangkan mengingat banyaknya filler yang menggunakan kandungan bahan kimia berbahaya. Filler dengan bahan yang aman tersebut merupakan filler dengan bahan dasar air.

Filler Kayu Dengan Kandungan VOC Yang Rendah

Filler memang banyak dijumpai dipasaran namun tidak semua jenis filler aman untuk digunakan. Filler  yang kini telah dikembangkan adalah filler dengan kandungan bahan air. Filler ini jauh lebih aman dan ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan kimia berbahaya. Selain itu filler tersebut juga memiliki kandungan VOC yang rendah. VOC pada umumnya selalu terdapat dalam bahan finishing, yang membedakan adalah kadar VOC dalam cat tersebut. semakin rendah VOC dalam cat maka semakin aman cat tersebut digunakan.

Salah satu filler dengan bahan dasar air yang berkualitas baik dan sangat aman digunakan adalah Biovarnish Wood Filler. Filler ini merupakan filler yang terbuat dari water based acrylic dengan kandungan bahan telah memenuhi standarisasi keamanan internasional seperti standar regulasi European Chemical Agency (ECHA) Reach dan US Enviromental Protection Agency (EPA). Kedua regulasi ini merupakan regulasi yang mengawasi kandungan bahan kimia serta VOC dalam bahan finishing.

Pilihan Warna Biovarnish Wood Filler

 

Biovarnish Wood Filler sangat bagus digunakan untuk lapisan dasar ketika proses finishing karena memiliki daya rekat film yang kuat sehingga mampu merekatkan serat kayu yang keluar dari permukaan kayu sekalipun. Karena setiap kayu memiliki tampilan warna yang berbeda maka diperlukan warna filler yang tepat sesuai dengan warna dasar kayu.

Biovarnish Wood Filler terdapat dua varian warna yaitu warna kayu jati dan warna kayu mahoni. Biovarnish Wood Filler dengan warna kayu jati biasanya digunakan untuk kayu yang memiliki tampilan dasar yang cerah. Sedangkan warna kayu mahoni digunakan pada kayu dengan warna dasar yang gelap atau kemerah-merahan.

Pastikan untuk selalu menggunakan bahan finishing yang aman dan ramah lingkungan demi keamanan pekerja atau lingkungan sekitar Anda.