Pentingnya Pagar Dalam Sebuah Rumah

54
merawat pagar
merawat pagar kayu di rumah

Pagar bukanlah hal asing lagi ditemukan dalam sebuah bangunan. Ya, keberadaan pagar memang sangat penting karena berfungsi untuk membatasi area yang telah menjadi milik seseorang. Seiring perkembangan jaman, pagar juga memiliki fungsi lain tak hanya berfungsi untuk membatasi area.

Pagar memiliki banyak fungsi, salah satunya dari segi psikis ia mampu meghadirkan rasa aman. Di malam hari, pemilik rumah akan mampu tertidur dengan nyenyak dan tenang karena pagar telah terkunci, dan merasa ama dari pencuri.

Fungsi lain dari pagar adalah untuk menunjukkan simbol status sosial. Bahkan, tinggi rendahnya pagar pun dapat memperlihatkan karakter penghuni rumah dimana jika pagar yang dibangun tinggi, maka bisa jadi pemilik rumah kurang suka untuk bersosialisasi. Begitupun sebaliknya.

Desain dari pagar pun juga memperlihatkan tingkat ekonomi dari pemilik rumah. Material dn desain pagar menunjukkan bagaimana tingkat ekonomi pemilik rumah. Dapat telrihat secara jelas dari desainnya dan material yang digunakan.

Salah satu material yang populer untuk pembuatan pagar adalah kayu. Ada beberapa alasan mengapa seseorang menjatuhkan pilihan pada material yang satu ini. Selain mampu memunculkan kesan alami pada rumah, pagar kayu dapat membuat kayu memiliki kesan ringan. Untuk menambah nuansa alami diluar rumah, cobalah tonjolkan tekstur serat kayu yang dipelitur menggunakan doinasi warna cokelat yang dapat dikombinasikan dengan material lainnya, seperti batu alam, tanaman, besi, tembok, dan sebagainya.

Selain memainkan material, mainkan juga warnanya. Anda bisa memainkan warna, karena warna pagar tak harus cokelat. Bisa pilih warna lain untuk membuat tampilan pagar lebih menarik.

merawat pagar kayu
pagar kayu dirumah wajib dirawat

Pagar dengan material kayu memang sangat indah untuk dipandang. Apalagi jika pemilik rumah memadukannya dengan tanaman. Sayangnya, material kayu sangat mudah mengalami keropos dan rentan terhadap serangan rayap dan jamur.

Ada beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk melindungi pagar dari serangan rayap maupun jamur. Pertama, cobalah aplikasikan bahan anti rayap sebelum proses finishing dilakukan. Aplikasikan bahan anti rayap secara berkala setiap 6 bulan sekali.

Untuk mengatasi jamur, jangan lupa juga untuk menggunakan teak oil atau minyak jati untuk mencegah jamur yang merupakan musuh utama kayu ini. Jika memang pagar sudah terlanjur ditumbuhi jamur, maka semprotkan cairan anti jamurdan biarkan mengering.

Pertama, obalah gunakan cairan anti rayap untuk melindungi pagar kayu dari rayap. Aplikasikan bahan anti rayap sebelum proses finishing dilakukan. Untuk perawatan dapat semprotkan cairan anti rayap 6 bulan sekali secara berkala.

Kedua, gunakan cairan anti jamur. Jamur juga merupakan musuh utama dari kayu. Gunakan pine oil atau minyak jati untuk mencegah muncunya jamur. Jika pagar sudah terlanjut ditumbuhi oleh jamur, maka berikan cairan anti jamur. Biarkan hingga mengering.

Untuk betahan terhadap cuaca, berikan cat khusus kayu untuk melindungi kayu dari paparan panas dan hujan, sehingga warna pagar akan tetap tahan lama dan tidak memudar.

Perawtaan pagar kayu juga dapat dilakukan dengan memberi pelapis kayu. Fungsi pelapis ini juga membantu kayu agar terlindung dari cuaca dan membuat warnanya agar tahan lama

Perawatan Pagar Kayu Menggunakan Produk Bio Industri

merawat pagar kayu
pagar kayu kusam dapat kembali menawan

Merawat material kayu memang tak mudah dan membutuhkan penanganan khusus. Banyak produk yang menawarkan keunggulan untuk merawat kayu, tetapi ada baiknya anda menggunakan bahan alami. Bahan alami akan lebih baik dalam merawat kayu.

Bio Industri sendiri memiliki produk Biopolish Linseed Oil . Produk ini adalah produk semir kayu yang dibuat dari beberapa campuran seperti linseed oil, beeswax, dan pine oil yang berguna sebagai antiseptik yang akan melindungi kayu dari serangan organisme yang merugikan.

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here