Pentingnya Cat Kayu Aman Yang Rendah VOC

Kesadaran penggunaan cat kayu aman yang rendah VOC harus disadari sejak dini agar tidak banyak mempengaruhi kesehatan seperti penyakit pernapasan.

Bahaya yang diakibatkan oleh cat masih banyak belum disadari oleh masyarakat di Indonesia. Produk cat di Indonesia sendiri untuk produk cat belum ada ketentuan khusus untuk cat yang aman dan ramah lingkungan. Salah satunya adalah kandungan VOC. Padahal jika kita tidak berhati-hati dalam memilih produk cat, VOC (Volatile Organic Copmpound) akan memberikan polusi udara. VOC adalah senyawa kimia yang sangat berbahaya, senyawa tersebut mudah menguap dan bercampur pada udara yang kita hirup.

Banyak ahli kimia yang mengatakan bahwa penyebaran VOC di dalam ruangan 5 hingga 10 kali lipat lebih banyak daripada udara di luar ruangan. Terlebih lagi tidak banyak sirkulasi udara pada ruangan. Polusi udara pada ruangan akan mengakibatkan penyakit sick building syndrom. Penyakit ini akan membuat Anda tidak tahan berlama-lama pada ruangan. Tentu Anda dan anggota keluarga lain tidak menginginkan terjangkit penyakit ini bukan?

Jenis penyakit dari polusi udara tidak hanya sebatas sick building syndrom saja tetapi juga penyakit pernapasan lainnya. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan produk cat kayu aman yang rendah kandungan VOC.

Ciri-Ciri Cat Kayu Berbahaya Dengan Tinggi VOC

cat-low-VOC-orchidMenurut banyak para ahli kimia di dunia, cat yang aman dan ramah lingkungan dapat dilihat dari produksinya. Pemilihan bahan, proses pembuatan cat dan pembuangan limbahnya akan menentukan apakah produk tersebut aman untuk digunakan oleh manusia. Untuk mempersingkat waktu Anda daripada mencari produk yang aman dan tidak Anda harus mengetahui seperti apa produk yang mengandung VOC tinggi. Berikut ini akan dijelaskan cat dengan kandungan VOC tinggi sehingga Anda bisa mengambil kesimpulan cat kayu aman mana yang akan digunakan.

  1. Cat kayu besi yang mengandung VOC bisanya menggunakan solvent. Kebutuhan solvent sebagai bahan pembuat cat memang tidak bisa dipisahkan. Solvent sendiri akan menentukan tingkat kekentalan pada proses produksi cat.
  2. Bahan Pencampur. Pilihan bahan pencampur yang tinggi VOC biasanya adalah thinner. Kebutuhan bahan pencampur juga tidak bisa dilupakan karena akan membantu dalam proses aplikasi baik itu untuk kuas maupun semprot.
  3. Produk cat dengan VOC tinggi akan memiliki bau menyengat. Ketika Anda membuka kaleng cat dan tercium bau menyengat yang keras maka kandungan VOC nya sangat tinggi.

Jenis Cat Kayu Aman Yang Bisa Digunakan

orchid

orchid

Bagi Anda yang sudah memahami bahaya solvent pada cat dan bahaya kandungan VOC yang tinggi pasti bertanya-tanya “lalu cat apa yang aman?”. Jenis cat yang bagus dan aman aalah cat berbasis water based. Mengapa? Karena cat water based menggunakan bahan pembuat air dan juga bahan pencampurnya air. Anda bisa mencobanya sendiri, jika cat water based tidak akan memiliki bau menyengat seperti halnya cat solvent. Dari Anda membuka kaleng cat maupun sesudah aplikasi maka tidak ada bau menyengat yang tercemar.

Cat water based yang bisa Anda gunakan adalah cat Orchid. Cat yang aplikasinya mudah hanya menggunakan kuas ini telah mengikuti regulasi luar negeri ECHA dan US EPA. Standar luar negeri selalu digunakan karena akan menandakan bahwa cat tersebut adalah cat kayu aman digunakan di lingkungan manusia. Segera gunakan cat water based karena rendah kandungan VOC yang akan membahayakan Anda. Jaga kesehatan demi masa depan cerah.