Mengukur Cat Kayu Kuas Yang Bagus

189
cat-kayu-kuas-untuk-furniture

Penggunaan cat kayu kuas bagi pemula dibidang finishing adalah pilihan yang tepat. Perhatikan aspek apa saja dalam memilih cat kayu aplikasi kuas yang bagus.

Produk finishing yang ditawarkana di wilayah Indonesia sangat berbagai macam baik dari segi aplikasi, hasil, harga dll. Serat alam yakni kayu, bambu, rotan, peleepah pisang memiliki pori-pori yang harus dilindungi. Mengapa? Karena pori-pori tersebut bekerja untuk menyerap kelembapan atau air hujan. Serat alam lalu akan menyimpan air didalam kemudian mempercepat proses pembusukan. Belum lagi jika perubahan dari panas ke hujan atau cuaca basah akan mempercepat kerusakan. Maka disnilah peran dari produk cat berfungsi dengan baik. Cat akan menjadi lapisan paling luar atau lapisan pelindung bagian luar sehingga akan menutup pori-pori serat alam dan menurunkan intensitas penyerapan air.

cat-kayu-kuas-untuk-furniture

Selain dari segi perlindungan tersebut ada satu fungsi lagi dari produk cat yaitu untuk memberikan keindahan. Oleh karena itu cara aplikasinya pun harus tepat dan salah satunya berhubungan dengan kuas. Jika Anda sebagai pemula dibidang finishing cat kayu kuas adalah pilihan yang tepat karena aplikasinya mudah dan murah. Untuk mendapatakn kuas Anda bisa membelinya di toko besi terdekat dengan harga yang murah dan tersedia berbagai macam ukuran. Sedangkan untuk warna yang estetik dan menunjukan serat kayu Anda bisa memilih warna natural kayu.

4 Aspek Cat Kayu Kuas Yang harus Dipilih

Jika Anda menanyakan lalu bagaimana menilai produk cat kayu kuas yang bagus? Anda tidak bisa serta merta menjudge sebuah produk baik atau tidak karena perbincangan orang lain. Dalam prakteknya setiap orang memiliki cara aplikasi yang berbeda mulai dari pemilihan kuas, cara aplikasi, pemilihan produk, dll. Maka Anda harus memperhatikan atau mungkin bisa membandingkan sendiri dengan membeli berbagai macam merk cat yang dijual di pasaran. Lalu Anda harus memperhatikan 4 aspek berikut ini ketika membandingkan.

  1. Cara plikasi. Ada berbagai macam cara aplikasi pada setiap produk cat. Tidak semua produk dapat diaplikasikan baik dengan kuas dan juga alat semprot. Namun Anda bisa juga membandingkan dengan kedua cara tersebut. Perhatikan jika cat kayu yang disarankan hanya untuk kuas tetapi jika diaplikasikan dengan spray juga memiliki hasil yang lebih baik maka cat tersebut termasuk cat dengan kualitas terbaik.
  2. Menutup pori-pori. Tujuan utama cat adalah menutup pori-pori untuk memberikan perlindungan dari luar. Rangkaian produk cat ada yang disebut dengan dempul kayu. Jika dalam penggunaan dempul terjadi peeling atau cat yang mengelupas ketika diamplas maka produk tersebut tidak dapat mengisi pori-pori kayu dengan baik. Banya faktor yang mempengaruhi peeling dapat terjadi dan alasan utamanya karena pembuatan formula yang kurang baik.
  3. Tidak menimbulkan sagging atau lelehan. Cat yang ketika Anda aplikasikan menimbulkan leleh maka cat tersebut tidak memiliki tingkat kekentalan yang tepat karena formula yang digunakan kurang baik. Ketika sagging terjadi tentu akan mempengaruhi baik dari segi tekstur dan juga tampilan permukaan media kayu.
  4. Cat kayu kuas yang aman. Jika Anda mencari cat yang aman dan ramah lingkungan pilihannya adalah cat water based. Cat yang sedang banyak dikampanyekan di luar negeri seperti Eropa dan Amerika ini adalah cat yang tidak memiliki kandungan kimia berbahaya seperti pernis atau cat solvent lainnya. Biasanya pada bagian kemasan akan tertulis keterangan cat water based atau Anda bisa memperhatikannya dari bahan pencampur yang digunakan adalah air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here