Mengenal Jenis Kayu Warna Putih

480
Mengenal Jenis Kayu Warna Putih

Setiap kayu memiliki karakter yang berbeda-beda, baik dari segi warna, kualitas, maupun tingkat ketahanannya. Kayu dengan warna tertentu tentu saja akan menarik para pengrajin kayu untuk membuat berbagai produk kerajinan kayu yang menarik dan juga indah. Warna yang dihasilkan dari kayu ternyata juga dapat membuat tampilan produk kayu yang dihasilkan tambah menarik dan juga indah. Kayu dengan warna putih misaknya, mampu membuat tampilan furniture semakin indah dan banyak diminati. Kali ini yang akan dibahas mengenai jenis warna kayu putih. Nah, bagi anda yang masih penasaran, berikut ini jenis kayu dengan warna putih untuk inspirasi anda.

  1. Kayu jabon

Mengenal Jenis Kayu Warna Putih

Kayu jabon merupakan jenis kayu dengan warna putih dan ada pula yang berwarna kekuningan. Kayu ini termasuk jenis kayu yang banyak dicari oleh para pengrajin kayu karena memiliki banyak manfaat yang sangat berguna. Kayu ini memiliki tekstur yang bagus dengan serat yang lurus, sedangkan apabila disentuh maka bagian permukaan kayu akan terasa licin. Kayu jabon termasuk jenis kayu yang kurang mengkilat dan juga tidak berbau. Kayu ini banyak digunakan dalam bidang industri kayu dikarenakan sifat kayu jabon yang mudah untuk dikerjakan serta diproses. Keunggulan yang lain dari kayu jabon ini adalah tidak mudah menyusut. Namun, apabila diliat dari segi keawetan, maka kayu jabon ini tidak termasuk jenis kayu yang awet. Tingkat keawetan pada kayu jabon ini pada kelas V, sehingga kayu jabon memerlukan treatment yang khusus agar kayu ini lebih tahan lama serta tidak mudah untuk diserang oleh hama pemakan kayu. Dalam proses pengeringan kayu jabon, maka perlu kehati-hatian karena kayu ini akan pecah apabila dikeringkan.

  1. Kayu karet

Kayu karet memiliki warna yang cerah dan juga merupakan salah satu jenis kayu yang banyak digunakan sebagai bahan untuk furniture. Kayu karet juga termasuk jenis kayu dengan masa panen yang cukup cepat. Kayu karet selain digunakan bagian kayunya, juga diambil pada bagian getah karet tersebut untuk diolah kembali. Dilihat dari segi kualitasnya, kayu karet termasuk jenis kayu yang mudah untuk diserang hama pemakan kayu dan juga jamur. Kayu ini termasuk jenis kayu yang tidak tahan terhadap serangan jamur, dikarenakan apabila kayu ini ditebang dan dibiarkan saja selama beberapa waktu, maka kayu karet akan mudah terserang jamur. Nah, dengan demikian kayu karet ini membutuhkan treatment yang khusus apabila ditebang agar tidak ada jamur maupun hama pemakan kayu yang menyerang kayu ini. Kayu karet juga banyak digunakan dalam bidang perkayuan untuk dijadikan sebagai furniture, mebel, ataupun produk olahan kayu yang lainnya.

  1. Kayu jati putih

Mengenal Jenis Kayu Warna Putih

Berbicara mengenai soal kayu jati, tentu saja dilihat dari kualitasnya sudah tidak diragukan lagi. Kayu jatin putih sama seperti jenis kayu jati yang lainnya, memiliki sifat yang kuat serta tahan lama. Kayu jati putih memiliki tekstur yang kuat dan juga kokoh. Kayu jati ini juga tidak mudah diserang oleh hama pemakan kayu dan juga jamur. Kayu jati putih banyak digunakan dalam bidang perkayuan untuk mebel, furniture, ukiran, serta produk olahan kayu yang lainnya karena sifat dari kayu jati ini yang mudah untuk dikerjakan. Kayu jati temasuk jenis kayu jati yang kuat dan tahan lama. Kayu ini juga mudah untuk dilakukan perawatan.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here