Mengatasi Bekas Cacat Kayu Pada Furniture Lawas

180

Furniture lawas yang sudah tidak digunakan dapat dimanfaatkan sebagai furniture baru. Agar cacat kayu tersamarkan, Anda dapat mengaplikasikan dempul kayu ini.

Furniture lawas yang sudah tidak digunakan kadangkala hanya digeletakkan begitu saja atau ditaruh ke dalam gudang bahkan dijual kembali dengan harga yang murah. Ternyata, langkah lain dapat menyiasati furniture lawas Anda menjadi furniture baru sehingga Anda tidak perlu membeli furniture baru untuk menggantikan furniture lawas Anda.

Namun juga tidak jarang, furniture lawas tersebut memiliki beberapa bagian yang rusak sehingga perlu ditambal agar terlihat lebih rapi. Salah satu yang bisa Anda gunakan adalah dempul kayu.

Mengatasi Cacat Kayu Dengan Dempul Kayu

Furniture lawas yang sudah tidak dipakai dapat digunakan menjadi beberapa potongan papan. Dari papan-papan kayu tersebut dapat dijadikan furniture baru seperti furniture palet yang sedang hits saat ini. Furniture tersebut banyak digunakan sebagai pelengkap rumah karena tampilnya yang unik dan minimalis.

furniture-solid-color

Untuk mengatasi masalah kerusakan pada bagian-bagian tertentu pada furniture lawas yang digunakan, aplikasikan dempul kayu agar mudah dicat serta tampilan seperti baru. Dempul kayu tidak hanya bertujuan untuk menutup bekas luka pada kayu namun juga digunakan untuk menutup pori-pori kayu. Jika Anda menginginkan warna solid untuk melapisi furniture palet Anda, maka dempul yang harus Anda gunakan adalah Wood Putty. Gunakan Wood Putty yang menggunakan bahan water based sebab dempul kayu ini tidak merusak kesehatan dan lingkungan sekitar. adapun cara membuat furniture palet sebagai berikut.

  1. Pastikan kayu tersebut tidak terserang jamur atau serangga perusak seperti teter. Bentuk papan tersebut menjadi furniture seperti kursi. Sambungkan antar papan menggunakan paku.
  2. Ampelas permukaan kayu untuk menghilangkan kotoran, debu atau sisa cat yang masih menempel pada papan-papan kayu tersebut.
  3. Aplikasikan Wood Putty menggunakan pisau palet pada bagian-bagian yang rusak
  4. Pilih warna cat Orchid sesuai dengan yang diinginkan. Kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu menggunakan kuas yang dilapisi kain agar tidak membentuk bekas kuas.
  5. Lakukan langkah no.4 sampai beberapa kali hingga warna tampak sempurna.
  6. Tunggu hingga kering dan furniture siap untuk digunakan.

Menggunakan bahan finishing yang berbahan dasar water based sangat bermanfaat bagi Anda. Anda tidak perlu khawatir akan bahan kimia pada bahan finishing seperti dempul kayu tersebut. bahan finishing berbahan dasar water based jauh lebih aman dan ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan kimia berbahaya dan kandungan VOC-nya cenderung sangat rendah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here