Membuat Tampilan Kayu Menjadi Tahan Lama

97

Tampilan pada furniture atau kerajinan kayu biasanya akan menurun setelah dipakai beberapa lama. Untuk mengatasinya, perlu diaplikasikan bahan finishing seperti cata dasar kayu yang bagus dari Biovarnish.

Kayu merupakan material yang cukup unik. Bahan ini memiliki karakteristik yang sangat berbeda dibandiingkan bahan lain. Banyak benda yang bisa dibuat dengan menggunakan material ini. Hal ini disebabkan karena kayu sangat banyak tersedia di alam di hampir seluruh belahan dunia. Kayu juga memiliki banyak jenis yang masing-masing juga memiliki karakterisitik tersendiri dan tiap jenisnya bisa digunakan untuk keperluan pembuatan benda-benda tertentu. Material ini pun mudah untuk dibentuk menjadi berbagai macam barang keperluan hidup. Disamping itu, kayu memiliki tampilan yang khas dan akan memberikan kesan tersendiri ketika suatu objek dibuat dari material ini. Hal-hal itulah yang membuat kayu masih sangat banyak untuk dimanfaatkan sejak awal peradaban manusia hingga era modern ini.

Karakteristik kayu yang cukup unik pun ikut terwakili dalam hal kelebihan dan kekurangannya. Kayu membutuhkan perlakuan khusus ketikan akan diolah menjadi berbagai macam produk. Hal ini tidak terlepas dari sifat alaminya yang sangat bergantung pada kondisi alam. Beberapa jenis kayu tertentu bisa sangat rawan apabila berhadapan dengan gejala alam seperti perubahan suhu, cuaca, kelembaban dan beberapa unsur lainnya.; Faktor-faktor tersebut bisa mempengaruhi kualitas kayu secara signifikan.

Menjaga keawetan kayu

Dalam praktiknya, kayu memilki banyak fungsi bagi kehidupan manusia. Benda ini bisa dibuat menjaid berbagai macam objek yang sangat berguna. Mulai dari benda kerajinan, furniture, peralatan rumah tangga, bagian rumah hingga material utama dari konstruksi rumah itu sendiri. Salah satu faktor yang menjadi daya tariknya, yaitu aspek tampilannya bisa menjaid alasan bagi seseorang untuk menggunakan material ini. Jika aspek ini dikejar oleh penggunanya, biasanya benda yang terbuat dari kayu akan dimaksimalkan tampilannya. Hal itu bisa dilakukan dengan penambahan lapisan finishing.

Lapisan finishing pada kayu sangat penting untuk memperkuat kesan yang muncul dari material ini sendiri. Untuk memperlihatkan tampilan asli kayu yang otentik, biasanya kayu akan difinishing dengan tampilan natural. Jenis finishing dengan tampilan semacam ini akan menghasilkan kayu dengan warna transparan. Dengan begitu, tampilan asli serat kayu di permukaannya akan membuat kesan tersendiri seperti rasa nyaman, klasik bahkan elegan.

Sesuai dengan karakteristik aslinya, sifat lapisan finishing daripada kayu ini juga sangat bergantung pada kondisi alam. Setelah digunakan sekian lama, lapisan cat kayu bisa menjadi rusak. Kerusakan tersebut bisa dipeercepat apabila paparan cuaca yang dihadapi besifat intens, seperti pada objek kayu yang ditempatkan di luar ruangan. Kerusakan semacam ini juga bisa disebabkan oleh pemakaian yang cukup lama. Untuk itu, perlu dipastikan bahwa lapisan finishing pada suatu kerajinan kayu memiliki kualitas tinggi. Hal itu bisa didapat jika bahan finishing yang digunakan berkualitas tinggi di semua tahap, mulai dari pemakaian cat dasar kayu yang bagus hingga tahap di atasnya seperti pewarnaan dan pemberian lapisan top coat.

Salah satu produk finishing yang bisa dipilih untuk keperluan ini adalah Biovarnish. Produk ini memiliki rangkaian lengkap mulai dari lapisan dasar cat kayu yang bagus hingga clear coat yang brkualitas. Kesemuanya akan menghasilkan lapisan finishing natural berpenampilan menarik sekaligus kuat karena dibuat dari bahan water based. Bahan ini akan membuatnya lebih mudah menyatu dengan struktur kayu dan tidak akan mudah terkelupas. Kandungan dasar air dari produk ini juga membuatnya aman. Biovarnish memiliki kandungan zat beracun yang sangat rendah dan mampu memenuhi ketentuan regulasi keamanan bahan finishing dari institusi internasional seperti US-EPA dan EU-ECHA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here