Memahami Penggunaan Cat Kayu Dan Aplikasinya

54
memahami penggunaan cat kayu
aneka macam cat kayu warna solid yang cerah

Jika ada yang bertanya, material apa yang selalu ada dalam setiap rumah dan selalu menjadi favorit setiap pemilik hunian? Jawabannya adalah kayu. Kayu selalu menjadi idola untuk bahan konstruksi dan mampu memberikan kesan tersendiri bagi pemilik hunian. Keberadaan kayu mampu menghadirkan kesan mewah,kokoh, dan megah dan memberikan nuansa alam yang kental.

Kayu yang menjadi idola ini tetap saja memiliki kelemahan,  dimana kayu adalah bahan alam yang mudah sekali rapuh dan dimakan oleh rayap. Di sinilah fungsi dari cat kayu. Lapisan cat kayu akan melindungi kayu dari serangan hama dan membuat kayu berfungsi maksimal.

memahami penggunaan cat kayu
mengecat kayu dengan menggunakan warna transparan

Penggunaan cat kayu sendiri harus dilakukan dengan maksimal, karena akan mempengaruhi hasil akhir dan kualitas bahan tersebut. Penggunaan cat sebagai pelapis perlu dilakukan secara maksimal agar kayu dapat bertahan lebih lama dan awet. Selain itu, cat berguna membuat hama seperti rayap menjauh.

Manfaat Cat Kayu

Selain mencegah terjadinya kerusakan akibat rayap, penggunaan cat kayu juga dapat membantu memberikan nilai estetika pada furniture. Furniture akan tampil lebih menarik dengan warna cat kayu pilihan anda dan warna inilah yang akan memberikan nuansa yang diinginkan dalam rumah.

Ada beberapa warna cat kayu yang dapat anda jadikan referensi, salah satunya adalah warna gloss. Warna gloss dapat membuat tampilan furniture semakin menarik. Bahkan ada beberapa macam pemilihan penggunaan kayu warna gloss seperti high gloss, semi gloss, satin, eggshell, low gloss, dan flat. Sesuaikan dengan dekorasi yang anda inginkan.

Jika anda ingin menggunakan cat kayu warna gloss, maka anda akan mendapat beberapa keuntungan, seperti :

  1. Mudah Dibersihkan

Cat kayu warna gloss membuat permukaan furniture menjadi licin,sehingga cenderung mudah untuk dibersihkan. Apalagi jika tingkatan yang digunakan adalah high gloss, maka dijamin furniture ajan tetap berish,karena debu puntidak akan mau menempel. Bahkan jika terdapat debu akan sangat terlihat, sehingga mengharuskan anda untuk segera membersihkannya.

memahami penggunaan cat kayu
finishing kayu glossy yang mudah dibersihkan
  1. Permukaan Rata

Penggunaan cat gloss akanmembuat furniture anda terlihat bersih dan rata serta kokoh, sehingga tidak akan terlihat adanya bekas sidik jari disana.

  1. Berkelas dan Mewah

Walaupun furnitur yang anda miliki bukanlah furnitur dengan harga mahal, namun jika anda melakukan finishing menggunakan cat kayu warna gloss, maka furniture akan tampil mewah dan berkelas. Penggunaan cat gloss akan membuat furnitur tampil lebih baik dari sebelumnya.

  1. Efek Cahaya

Penggunaan cat kayu warna gloss juga dapat memantulkan cahaya lampu,sehingga tak heran jika furnitur dengan warna gloss ini diletakkan pada area tertentu seperti ini bar, table lamp, dan lainnya.

  1. Penggunaan Pada Wet Area

Penggunaan cat kayu gloss juga dapat ditemukan pada wet area seperti dapur dan kamar mandi. Mengapa?? Karena cat kayu warna gloss ini sangat mudah untuk dibersihkan. Selai memberikan nilai estetika, penggunaan cat kayu pada hunian juga mmembantu untuk melindungi kayu agar awet dan tidak mudah kotor.

 Mengecat Kayu Dengan Baik Dan Benar

Salah satu bahan alami untuk membuat furnitur adalah kayu. Kayu memiliki tekstur lentur yang membuatnya dapat diubah menjadi beragam bentuk.Sebut saja pintu, jendela,dan furnitur lainnya.

memahami penggunaan cat kayu
mengecat meja kayu dengan varnish warna natural

Untuk membuat tampilan fisik si kayus emakin indah,maka dibutuhkan warna agar tampilan kayu semakin menarik dan warnanya pun dapat keluar dan rata. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita ingin mengecat kayu, diantaranya:

  1. Perhatikan kayu dan pastikan permukaan kayu bersih dari jamur,lumut, maupun noda, hingga bekas minyak. Hal ini harus mendapatkan perhatian khusus, karena jika masih ada kotoran dan debu, hasil cat tidak akan meratadan hasilnya kurang memuaskan.
  2. Pastikan juga permukaan kayunya rata. Jika memang ada bagian kayu yang tidak rata, gunakan wood putty atau wood filler untuk mengisi bagian yang berlubang.
  3. Gunakan cat dasar untuk menyeragamkan warna, karena dalam dunia finishing keseragaman adalah hal yang penting. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan cat dasar.
  4. Cek dahulu kayu yang anda miliki apakah benar-benar kering atau masih bergetah? Jika kayu anda masih bergetah sebaiknya atasi masalah tersebut terlebih dahulu, baik dengan proses pengiriman maupun modifikasi tahap finishing. Jika getah kayu masih menempel dikhawatirkan akan membuat warna cat menjadi rusak. Jika seperti ini, maka warna yang menempel hasilnya akan mengecewakan.
  5. Cek juga apakah kayu yang akan melalui proses pengecatan telah terserang hama seperti rayap? Jika iya, sebaiknya basmi rayap terlebih dahulu menggunakan insektisida yang mampu bekerja secaraefektif. Insektisida juga bisa digunakan sebagai pencegahan, sehingga bila kayu belum terserang hama tak masalah jika anda mengaplikasikan insektisida ini.
  6. Perhatikan juga dimana peletakan furniture kayu yang akan anda cat. Hal ini juga akan mempengaruhi pemilihan cat kayu. Jika anda ingin mengecat untuk keperluan indoor, anda bisa memilih catuntuk keperluan indoor, sedangkan untuk keperluan indoor, barulah bisa digunakan baik cat indoor maupun outdoor, karena memang tidak terpapar cuaca.
  7. Pilih jenis cat yang sesuai. Ada dua jenis cat berdasarkan pelarutnya, yaitu cat yang dilarutkan menggunakan air (water based) dan cat yang dilarutkan dengan minyak (oil based). Masing-masing cat ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi pilihlah cat berbasis apa yang akan digunakan. Cat berbasis minyak memiliki keunggulan dimana ia lebih mengkilap, sedangkan catwater based cenderung lebih ramah lingkungan karena bebas bahan kimia.
  8. Ada baiknya jika anda mengetahui istilah dalam dunia finishing. Seringkali terdapat istilah yang rancu. Misalnya saja plitur. Nama plitur secara umum adalah resin, namun saat ini banyak produk serupa yang diberi nama plitur juga.
  9. Mulailah lapisan finishing dari yang paling bawah hingga paling atas dengan urutan secara umum dempul/ filler, primer,warna, dan coating.

Pengaplikasian Cat Kayu

Untuk mengapliksikan cat kayu memang dibutuhkan keahlian khusus agar cat dapat menempel dengan sempurna dan membuat kayu awet dan bertahan lama.

Hal pertama yang harus dilakukan saat akan mengecat furnitur kayu adalah  dengan mengampelas kayu agar permukaannya rata. Letakaan benda kayu diatas koran, dan gunakan amplas untuk menghaluskannya. Utamakan sudut lengkung yang sering terlupa.

Gunakan cat dasar untuk melapisi kayus sebanyak dua lapisan. Lapisan ini berfungsi untuk mennampilkan hasil cat yang sempurna dan cerah.  Biarkan lapisan pertama mengering dan lanjutkan pada lapisan kedua.

Selanjutnya amplaslah bagian yang telah diberi cat dasar kembali menggunakan amplas. Amplas untuk kedua kalinya agar tidak ada tonjolan cat. Lakukan tipis saja agar lapisan cat dasar tetap ada.

Barulah dilakukan pelapisan cat kayu sebanyak dua kali. Mulai dengan goresan kecil ke goresan yang lebih besar. Berikanlah minimal dua kali lapisan agar warna cat bisa keluar, tetapi biarkan lapisan cat mengering terlebih dahulu.

Setelah proses pengecatan selesai dilakukan, segera keringkan furnitur dengan diangin-anginkan dan biarkan seluruhnya mengering dengan sempurna

 

 

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here