Kandungan Cat Kayu Berbahaya Bagi Kesehatan

101
bahaya-voc-dalam-cat

Tidak semua cat kayu aman untuk digunakan salah satunya adalah cat solvent based yang dikenal dengan kandungan VOC-nya yang tinggi.

Cat yang digunakan untuk melapisi furniture tidak selamanya bagus jika digunakan. Walaupun menghasilkan warna yang maksimal namun cat pada furniture tidak bagus untuk kesehatan.

Kandungan cat kayu tersebut, pada umumnya mengandung bahan yang sangat berbahaya diantaranya kandungan VOC, bahan logam berat seperti timbale dan merkuri. Kenapa VOC, merkuri dan timbal berbahaya jika terhirup?

VOC, Timbal dan Merkuri, Kandungan Cat Kayu Yang  Berbahaya

Cat kayu yang memiliki kandungan VOC yang tinggi pada umumnya banyak dijumpai pada cat solvent based. Hal ini sangat mudah dijumpai pada bau yang dihasilkan ketika penaplikasian cat walaupun tidak selamanya cat yang berbau memiliki kandungan VOC yang tinggi.

bahaya-voc-dalam-cat

VOC (Volatile Organic Compound) merupakan senyawa organik yang sangat mudah menguap di udara. Sehingga sering kita jumpai ketika furniture diletakkan pada ruang tertutup maka akan meimbulkan bau yang sangat menyengat. Dan biasanya cat yang digunakan adalah cat solvent based. Cat tersebut berbahaya digunakan, sebab kandungan cat tersebut dapat menyebabkan gangguan seperti mata pedih, sesak nafas atau bahkan hal fatal seperti gangguan hati, gangguan sistem syaraf atau kanker.

Timbal merupakan salah satu logam berat yang sering digunakan. Pada umumnya, campuran timbale digunakan sebagai pigmen atau memberikan warna pada cat kayu. Dan penggunaan timbal sering digunakan untuk warna-warna cat yang cerah. Dampak fatal yang diakibatkan oleh timbale dalam cat diantaranya adalah gangguan syaraf dan sistem reproduksi. Sedangkan dampak pada anaka-anak, akan memberikan dampak pada tingkat kecerdasan dan perilaku.

Bahan lainnya adalah merkuri, bahan ini sering kita jumpai pada campuran make up. Seperti yang telah kita saksikan dalam berita baik media cetak atau pun elektronik, merkuri dapat menyebabkan kanker. Hal ini juga terjadi pada merkuri yang digunakan pada cat. Pada umumnya, merkuri digunakan untuk campuran bahan anti jamur pada cat. Gangguan yang diakibatkan tidak jauh dengan penggunaan make up atau timbal dalam cat tersebut.

Sehingga bahan-bahan senyawa organik dan bahan kimia dalam cat kayu sangat patut Anda pertimbangkan. Untuk keamanan serta kenyamanan Anda dan keluarga, saat ini telah muncul cat kayu yang menggunakan bahan yang jauh lebih aman dan rendah VOC yaitu cat water based.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here