Inspirasi Warna untuk Cat Eksterior Rumah Minimalis

Desain rumah minimalis saat ini disukai oleh berbagai kalangan masyarakat. Bahkan perumahan-perumahan sekarang, baik di daerah perkotaan maupun perumahan di pedesaan pun telah menawarkan konsep rumah bergaya minimalis. Rumah bergaya minimalis dinilai mampu menjawab permasalahan keterbatasan lahan. Warna cat eksterior rumah minimalis juga akan mempengaruhi penampilan dan gaya rumah.

Membuat rumah minimalis tentunya kita perlu membuat konsepnya terlebih dahulu. Desain interiornya seperti apa, lanskap-nya akan mengambil tema yang bagaimana, termasuk warna cat yang mau digunakan baik di interior maupun eksteriorny.

Dari sekian bagian rumah, eksterior merupakan bagian yang paling terlihat, menentukan warna cat untuk bagian ini perlu cermat. Tidak seperti dinding ruang tamu atau pintu depan rumah, warna eksterior tidak mudah diubah jika Anda tidak suka.

Namun tidak selalu mudah menentukan pilihan. Apakah Anda  menyukai warna merah? Atau lebih sesuai dengan warna biru? Bagaimana cara memastikan warna ini cocok dengan Anda sekaligus dengan tema yang Anda ingin hadirkan? Belum lagi jika Anda harus mengakomodir pilihan warna dari anggota keluarga lainnya. Proses penentuan warna ini akan menjadi proses yang memakan waktu di awal.

Barangkali Anda perlu mencari inspirasi. Coba temukan dari arsitektur rumah yang saat ini Anda huni, contoh arsitektur dari majalah ataupun media online, contoh rumahminimalis di lingkungan sekitar, atau bisa Anda sesuaikan dengan kepribadian Anda sendiri untuk menentukan pilihan-pilihan warna tersebutJangan lupa untuk mengakomodir masukan dari anggota keluarga lainnya.

Beberapa Pertimbangan Warna Cat Eksterior Rumah Minimalis

Warna kuning tidak selalu harus terlihat cerah, kecuali Anda menginginkannya. Tergantung variasi warnanya, beberapa jenis eksterior berwarna kuning bisa menimbulkan kesan berada di alam fantasi, sementara yang lain benar-benar terlihat rumit. Warna kuning yang lebih netral justru bisa berpadu dengan banyak warna.

Cokelat. Warna cokelat yang mendominasi bisa terlihat membosankan, namun tidak bila dengan paduan yang tepat. Keberadaan pepohonan dengan batang cokelat atau menambahkan batu-batu berwarna krem akan membantu tampilan rumah tampak menyatu dengan lingkungan sekitar.

Abu-abu. Variasi warna abu-abu yang banyak membuat warna ini sangat cocok untuk bagian eksterior rumah gaya apapun. Warna dasar yang netral seperti abu-abu bisa di-set menghadirkan beragam suasana, karena warna ini dapat berpadu dengan warna aksen apa saja.

Putih. Barangkali ada alasan tertentu mengapa warna putih merupakan salah satu warna yang paling banyak digunakan untuk eksterior – sebab warna ini cocok dengan gaya rumah apapun. Efek dramatik bahkan bisa dihadirkan dengan memanfaatkan warna putih, khususnya bila di sekeliling rumah terdapat tanaman. Ini akan membuat rumah benar-benar cerah.

Hitam. Bangunan sepenuhnya hitam barangkali tidak kalah menarik perhatian dibandingkan bangunan dengan eksterior putih, namun warna ini dapat menimbulkan kesan aneh. Memadukannya dengan warna putih sebagai aksen akan membuatnya terlihat menawan dan elegan.

Multiwarna. Kebanyakan rumah saat ini cenderung menggunakan warna netral untuk eksterior, bukan berarti eksterior tidak dapat menggunakan beberapa warna. Pembedaan warna terutama untuk menandai detail-detail yang terdapat pada eksterior, misalnya ukiran yang terdapat pada rumah-rumah tradisional.

Selain pilihan-pilihan warna di atas, masih banyak pilihan-pilihan warna lainnya. Anda bisa memilih pilihan warna mencolok seperti merah, atau cerah seperti hijau. Rumah bambu atau kayu memanfaatkan desain-desain yang mengedepankan warna-warna natural yang mempertahankan warna alami dari bahan.  Warna-warna natural ini juga dapat didapatkan dengan menggunakan pelapis warna transparan.

Pada akhirnya, pilihan warna tergantung dari selera pemilik rumah. Pilihan aman selalu dilakukan dengan memanfaatkan warna-warna netral yang cocok dipadu berbagai warna. Warna-warna ini seperti abu-abu atau putih. Namun bila ingin berani, tidak ada salahnya mencoba warna-warna yang lebih mencolok dan memerlukan pertimbangan dalam perpaduan warna.