Ide Membuat Tempat Perkakas Agar Workshop Rapi

148
Ide Membuat Tempat Perkakas Agar Workshop Rapi

Tempat workshop yang rapi dan juga menarik pastinya akan menjadikan suasana ruang kerja anda menjadi lebih nyaman. Selain itu, anda juga dapat bekerja dengan tenang tanpa adanya gangguan peralatan atau apapun yang berserakan. Nah, untuk membuat ruang kerja anda lebih rapi, pastinya anda juga akan membutuhkan rak ataupun lemari dengan ukuran yang tepat.

Selain itu, memberikan laci atau rak-rak pada ruang kerja juga akan menguntungkan anda karena peralatan anda tidak akan hilang karena sudah tertata rapi. Namun, hal itu tentunya drasa kurang praktis karena anda harus membuka laci, mengembalikan peralatan kembali ke dalam laci, bahkan sampai mengeluarkannya kembali ketika anda membutuhkannya.

Ide Membuat Tempat Perkakas Agar Workshop Rapi

Tempat perkakas yang bagaimana yang tepat untuk anda terapkan pada ruang kerja anda? Ya, tempat perkakas yang praktis dan juga efisien dan tidak membutuhkan banyak ruang, sehingga anda tetap dapat beraktifitas dengan leluasa. Bahan triplek dan multiplek merupakan bahan yang mudah untuk anda dapatkan dengan harga yang lebih terjangkau. Berikut ini cara membuat tempat perkakas agar ruang workshop anda rapi.

  1. Siapkan alat dan bahan yang kira-kira akan anda perlukan
  • Multiplek 18mm sesuai kehendak anda
  • Sekrup 2cm dan 7 cm dengan jumlah secukupnya
  • Gergaji
  • Bor
  • Mata bor
  • Obeng
  • Pensil kayu
  1. Siapkan papan multiplek sesuai ukuran tempat

Nah, setelah anda menyiapkan semua bahan dan alat yang akan anda perlukan, langkah pertama adalah menyiapkan papan multiplek sesuai dengan ukuran yang anda kehendaki. Untuk membuat tempat perkakas ini, ada baiknya jika ukuran dari tempat perkakas yang akan anda buat ukurannya dapat anda sesuaikan dengan peralatan yang akan anda simpan. Oleh karena itu, ada baiknya jika anda membuat desain kemudian buatlah ukuran tempat perkakas sesuai dengan yang anda inginkan.

  1. Buatlah dudukan papan

Langkah selanjutnya, buatlah dudukan dengan papan multiplek sesuai dengan ukuran yang sudah anda siapkan. Gunakan pensil kayu, garis, kemudian potong multiplek sesuai dengan ukurannya. Buat pula kayu dengan bentuk siku untuk dibuat menjadi pegangan atau support.

  1. Sekrup kayunya

Setelah dudukan papan selesai anda buat, maka sekrup kayu yang telah disiapkan diatas.

  1. Buat lubang dengan menggunakan bor

Ide Membuat Tempat Perkakas Agar Workshop Rapi

Letakkan dudukan pada papan dengan ukuran yang besar kemudian buatlah lubang dengan menggunakan bor untuk dipasangkan sekrup. Berilah tanda dengan menggunakan pensil agar anda lebih mudah untuk melakukan pengeboran.

  1. Buatlah lubang pada ujung papan

Buatlah lubang pada setiap ujung papan sebesar 4mm. Kemudian buat lubang lagi pada bagian tembok dengan ukuran sekitar 8 mm. Setelah itu, masukkan fisher pada bagian tembok yang sudah anda beri lubang tadi.

  1. Pasang papan pada tembok

Nah setelah selesai memasang fisher, maka langkah selanjutnya adalah pasang papan pada tembok dengan menggunakan sekrup. Pasang dengan kuat agar tidak mudah retak ataupun patah. Letakkan peralatan anda pada papan atau rak yang sudah anda buat ini dengan rapi.

Nah, sekarang tempat kerja anda akan jauh lebih rapi tanpa ada barang atau perkakas yang berserakan. Selain itu, anda juga tida perlu membuka dan menutup tempat perkakas ini, sehingga akan jauh lebih praktis dan tidak menguras tenaga anda.

Untuk mempercantik tampilannya dan sekaligus agar tempat perkakas lebih awet, lakukan proses finishing pada papan. Anda bisa menggunakan sanding sealer kemudian ditutup dengan topcoat untuk hasil yag natural, atau bisa juga dengan mengaplikasikan wood stain, sanding sealer dan topcoat untuk hasil transparan dengan warna tanpa menutup serat kayu.

Tempat perkakas yang tepat pada ruang kerja anda akan lebih rapi dari sebelumnya. Nah, anda juga dapat berkerja dengan lebih leluasa dan mudah untuk mencari barang-barang anda ketika anda membutuhkannya.

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here