Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Furniture Outdoor

Furniture outdoor memerlukan perlakuan khusus agar kualitasnya dapat lebih terjaga, salah satunya dengan menggunakan bahan finishing cat kayu anti air.

Keberlangsungan industri furniture hingga saat ini masih menunjukkan kemajuan yang berarti. Industri ini bisa menunjukkan perkembangan yang baik karena kebutuhan masyarakat akan produk furniture sendiri masih tetap eksis. Berkembangnya industri furniture juga tidak lepas dari pertumbuhan populasi yang akan mempengaruhi kebutuhan masyarakat akan hasil dari produk yang ditawarkan. Banyaknya rumah-rumah yang dibuat dengan berbagai macam konsep desain akan terus membuat industri ini bergerak maju. Para pelaku industrinya pun kemudian selalu bertambah dan memunculkan tantangan-tantangan baru.

Perkembangan produk furniture pun semakin terus menunjukkan geliat yang terus bergerak. Saat ini, ada banyak acuan yuang dipakai oleh para produsen furniture dalam menghasilkan produk yang diminati konsumen. Pembeli produk furniture dewasa ini semakin dihadapkan dengan variasi produk yang semakin beragam. Hal ini turut dipicu oleh perkembangan desain arsitektur rumah yang semakin dieksplorasi baik oleh arsitek maupun pemilik rumah sendiri. Bahan baku furniture yang digunakan pun semakin bervariasi. Akan tetapi, material kayu masih tetap memiliki penggemar yang masih banyak. Hal ini disebabkan karena kayu memiliki keistimewaan tersendiri yang akan sangat cocok bila dijadikan sebagai bahan baku pembuatan produk furniture rumah.

Pemakaian produk furniture berbahan kayu yang semakin beragam bentuk dan peruntukannya semakin menambah kaya referensi arsitektur hunian. Jenis furniture kayu bisa dibedakan dari berbagai macam susut pandang. Pada dasarnya, dari segi penempatan furniture bisa dibedakan menjadi 2 macam peruntuka, yaitu furniture indoor dan furniture outdoor. Furniture yang diperuntukkan di tempat yang berada di dalam ruangan disebut furniture indoor dan furniture outdoor untuk yang berada di luar ruangan. Dilihat dari beberapa aspek, ada perbedaan-perbedaan tertentu yang menjadi karakteristik dari masing-masing jenis furniture ini. Hal ini dapat dibedakan dari berbagai macam hal yang ada di setiap jenisnya.

Furniture outdoor

Sesuai dengan penempatannya, furniture outdoor diletakkan di luar ruangan. Hal ini membuatnya akan memiliki risiko yang lebih besar untuk terjadi kerusakan. Hal ini dapat terjadi karena material kayu yang digunakan sebagai bahan dasarnmya memiliki sifat yang kurang tahan trerhadap pengaruh cuaca. Faktor cuaca seperti air dari hujan ataupun paparan sinar matahari akan dapat berdampak buruk pada kualitas kayu. Jika paparan tersebut berlangsung secara berkelanjutan, kayu pun bisa rusak dan membuatnya tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Maka dari itu, furniture outdoor berbahan kayu memerlukan ketahanan ekstra yang perlu dipersiapkan mulai dari proses produksinya.

  Ketahanan furniture outdoor bisa diusahakan dengan pemakaian bahan baku kayu yang memiliki kualitas tinggi. Kayu-kayu jenis tertentu seperti kayu jati bisa digunakan karena tingkat ketahanannya bisa dibilang cukup mumpuni. Aspek ketahanan ini juga bisa ditingkatkan di tahap lain dalam proses produksi. Saat finishing misalnya, perlu digunakan bahan finishing seperti cat kayu anti air agar kualitas kayu dapat lebih dijaga sekaligus dapat mempertahankan tampilan furniture untuk jangka waktu yang lebih lama dibanding menggunakan bahan finishing biasa.

Produk material finishing yang dapat diandalkan untuk kebutuhan pembuatan furniture outdoor salah satunya adalah Biovarnish. Produk cat kayu anti air ini memiliki kekuatan ekstra karena dibuat dari bahan dasar air. Bahan ini akan membuat cat kayu lebih mudah menyatu dengan struktur kayu dan menghasilkan lapisan berdaya rekat tinggi. Dengan begitu, lapisan finishing tidak akan mudah mengelupas meskipun terkena paparan cuaca. Kualitas dari lapisan finishing dengan Biovarnish bisa ditingkatkan dengan pemakaian rangkaian varian dari produk ini di semua tahapan finishing. Bahan dasar air dari Biovarnish juga membuatnya sangat aman. Kandungan substansi berbahaya dan beracun menjadi sangat rendah dan telah memenuhi standar inernasional US-EPA dan EU-ECHA yang lebih menjamin kesehatan bagi penggunanya.