Cara Mendempul Kayu Dengan Teknik Yang Benar

Cara mendempul kayu serta penggunaan dempul kayu yang kurang tepat mengakibatkan tampilan akhir pada kayu menjadi tidak rapi dan tidak merata.

Kayu menjadi primadona dikalangan pecinta furniture karena tekstur seratnya yang beragam dan taham lebih lama daripada bahan baku alam lainnya. sampai saat ini, kayu masih menjadi primadona untuk bahan baku furniture dikarenakan tampilannya tersebut. maka dari itu, tampilan yang sering digunakan untuk furniture kayu adalah natural kayu karena tetap memperlihatkan serat alami dari kayu tersebut.

Kendala yang sering terjadi, tidak semua jenis kayu memiliki serat kayu yang halus sehingga pelaku finishing harus mendempul kayu tersebut. Cara mendempul kayu yang tepat akan menghasilkan tampilan akhir yang indah, lalu bagaimana teknik yang paling tepat?

Cara Mendempul Kayu Dengan Dempul Kayu Yang Aman

Dempul dikenal di tengah masyarakat sebagai bahan untuk mengatasi cacat pada besi, tembok maupun kayu. Kali ini yang akan dibahas adalah dempul pada kayu yang difungsikan untuk menutup posi-posi atau serat pada kayu tersebut. Penggunaan dempul sangat penting untuk menutup pori-pori atau serat kayu karena akan mempermudah proses finishing atau aplikasi cat.

Namun tidak jarang kita menjumpai serat kayu tetap saja keluar walaupun sudah diaplikasikan dempul. Hal ini bisa dua kemungkinan yang terjadi yaitu pertama karena penggunaan jenis dempul yang berkualitas rendah. Kedua, karena cara mendempul kayu yang kurang tepat. Untuk penggunaan dempul, sangat disarankan untuk menggunakan dempul kayu dari Biovarnish yang memiliki tampilan yang halus dan sangat efektif untuk menutup pori-pori kayu.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka aplikasi dempul kayu juga penting untuk diperhatikan. Agar tidak salah, berikut cara mendempul kayu yang tepat:

  1. Pastikan permukaan kayu yang digunakan bersih dan sudah halus. Apabila belum, maka ampelas permukaan kayu tersebut searah dengan serat kayu menggunakan kertas ampelas no. 240.
  2. Setelah dirasa halus, gunakan dempul yang sudah dilarutkan kemudian aplikasikan dengan pisau palet atau kuas. Oleskan ke seluruh permukaan kayu yang ingin difinishing, pastikan seluruh permukaan kayu tersebut tertutup dempul dengan baik.
  3. Kemudian diamkan sampai mengering sempurna. Ampelas permukaan kayu setelah kering menggunakan kertas ampels no. 240.
  4. Bersihkan sisa ampelas agar mempermudah proses finishing selanjutnya.

Dempul Kayu Yang Aman dan Ramah Lingkungan

Dempul kayu yang beredar dipasaran memang terlihat sama, bahkan memiliki banyak varian merk dan kualitasnya pun berbeda-beda. namun tidak semua jenis dempul tersebut memiliki hasil yang halu dengan bahan yang aman dan ramah lingkungan. pada umumnya, banyak dempul yang menggunakan resin sehingga mengakibatkan dempul tersebut tidak aman dan bahkan sangat keras ketika digunakan.

Dempul kayu yang sudah dijamin aman adalah Biovarnish. sebab dempul ini menggunakan bahan dasar air dan telah memenuhi standarisasi keamanan internasional seperti regulasi US Enviromental Protection Agency dan Euorpean Chemical Agency. Dempul tersebut tidak seperti dempul lainnya yang berbau menyengat, namun Biovarnish justru tidak berbau selain itu juga tidak mengandung bahann yang beracun sehingga lebih aman dan nyaman ketika digunakan. Yang biasanya Anda khawatir karena serbuk dari bekas ampelas kayu, tidak perlu khawatir jika menggunakan dempul Biovarnish ini sebab dempul ini tidak menyebabkan gangguan kesehatan ataupun lingkungan. Bagi Anda yang menginginkan tanya mengenai produk atau pemesanan langsung, silahkan menghubungi kontak berikut via phone maupun WhatsApp  ke no. 0879 3934 6433 atau 0822 2026 5056.

Pastikan cara mendempul kayu benar dan tepat serta penggunaan dempul yang ramah lingkungan untuk hasil finishing yang sempurna dan tentunya tidak mengganggu kesehatan pekerja Anda.