Cara Desain Apartemen Kecil Agar Tampak Luas

330

Mendesain sebuah ruangan merupakan sebuah tantangan. Sekarang ini sedang populer dengan desain minimalis. Bahakan apabila diamati maka terkadang desain rumah maupun juga kamar yang kecil akan tampil lebih menarik dari pada sebuah ruangan atau rumah yang lebih besar. Bagi mereka yang tinggal di perkotaan, pastinya akan memiliki hunian yang terkesan sempit, sperti di sebuah apartemen.

Memiliki apartemen yang kecil dan juga sempit pastinya akan merasa sumpek. Akan tetapi apartemen yang sempit dapat disulap dengan trik-trik yang tepat agar tampak lebih luas. Mendesain sebuah apartemen pastinya harus membutuhkan ide yang kreatif dan juga unik. Apartemen merupakan tempat istirahat dan juga tempat tinggal.

Desain apartemen yang nyaman dan juga menarik walaupun dalam ukuran yang kecil akan membuat penghunninya juga merasa nyaman. Terkadang yang menjadi masalah dalam sebuah apartemen kecil adalah cara pendesainan yang tepat. Berikut inspirasi cara desain apartemen kecil agar tampak lebih luas.

  1. Pilih warna yang tepat

Pemilihan warna yang tepat untuk tema ruangan akan membuat apartemen sempit tampak lebih luas. Warna yang cocok untuk apartemen kecil adalah warna yang cerah. Warna yang cerah dan juga terang akan menimbulkan efek glowing pada ruangan. Contoh warna yang cocok untuk apartemen sempit adalah putih, kuning, hijau muda, biru laut, ungu muda, orange, merah. Warna-warna tersebut dapat juga dikombinasikan dengan warna yang lebih lembut untuk memberikan aksen pada dinding apartemen.

Apabila menyukai warna putih, maka pilih dinding kamar putih dengan furniture yang senada pula. Dapat juga memilih warna cat dinding yang lain seperti cream atau yang lainnya, kemudian pilihlah furniture dengan warna yang senada pula.

  1. Furrniture multifungsi

Furniture yang lebih tepat untuk apartemen yang kecil adalah furniture multifungsi. Furniture multifungsi memiliki desain yang cukup unik dan juga mudah dalam peletakannya. Furniture multifungsi ini biasanya dilengkapi dengan rak atau laci, sehingga akan mdah dalam menempatkan barang-barang yang kecil agar tidak berantakan. Selain itu, furniture ini juga memiliki keunggulan yaitu desainnya yang ramping, jadi akan menghemat tempat.

Contoh furniture multifungsi yang cocok untuk apartemen kecil adalah ranjang tidur dengan laci, sofa bed, peti keci yang dapat dijadikan meja santai untuk menikmati kopi dan lainnya.  Apabila menginginkan sebuah tempat tidur yang dapat digunakan untuk bersantai, maka dapat dipilih sofa bed. Desain sofa bed biasanya elegan dengan warna-warna yang menarik.

  1. Atur peletakan perabotan

Pilih perabotan yang benar-benar diperlukan pada apartemen anda. Jangan mengisi perabotan yang besar, karena akan sulit dalam meletakkannya dan juga akan membuat apartemen menjadi semakin sempit. Letakkan perabotan dengan rapi dan sebisa mungkin menempel pada dinding agar anda lebih leluasa untuk bergerak di dalam apartemen.

  1. Tambahkan cermin

Salah satu aksesoris yang dapat membuat efek ruangan menjadi tampak luas adalah dengan menambahkan cermin yang lebar pada dinding. Pilih sebuah cermin dengan bingkai yang modern agar apartemen terkesan lebih menarik.

  1. Pencahayaan

Faktor lain yang dapat membuat efek apartemen sempit tampak luas adalah dengan pencahayaan yang cukup. Maksimalkan jendela sehingga sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik. Pilihlah tirai yang cukup unik dan juga transparan agar cahaya tetap dapat masuk melaui jendela apartemen.

Demikian tips untuk mendesain apartemen kecil agar tampak lebih luas. Pastikan konsep kamar apartemen dengan matang agar hasil desainnya sempurna. Semoga bermanfaat.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here