Biovarnish Clear Coat Cocok Untuk Finishing Natural Pada Rotan

Finishing dengan tampilan natural kayu sampai saat ini masih banyak digunakan. Maka diperlukan cat dengan kualitas yang bagus dan aman digunakan, salah satunya adalah Biovarnish Clear Coat.

Rotan merupakan salah satu material yang banyak digunakan untuk berbagai kerajinan, perabotan maupun furniture. Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat mudah menjumpai tumbuhan yang dimanfaatkan batang rotannya tersebut. bahkan pengrajin rotan di Indonesia pun tidaklah sedikit.

Untuk menjaga tampilan rotan tetap apik, diperlukan cat yang memiliki daya rekat film yang kuat serta transparansi warnannya yang bagus karena rotan sangat indah jika tetap memperlihatkan seratnya. Tampilan natural pada rotan akan memberikan kesan alami sehingga wajar saja jika rotan banyak digunakan untuk melengkapi interior dengan gaya klasik.

Cat dengan tampilan natural kayu atau transparan cukup lah banyak dijumpai dipasaran. bahkan tersedia dengan berbagai macam merk dengan kualitas yang berbeda-beda. maka dari itu, sebaiknya untuk selalu mengenal produk yang akan dibeli dan cocok untuk digunakan finishing pada rotan yang sedang Anda produksi.

Cat Kayu Yang Ramah Lingkungan di Indonesia

Cat kayu yang banyak dijumpai di Indonesia pada umumnya masih menggunakan resin atau bahan dasar solvent. Menurut regulasi internasional, cat kayu yang masih menggunakan bahan resin atau solvent tergolong jenis cat kayu yang berbahaya digunakan. Cat solvent based tersebut memiliki kandungan bahan kimia yang berbahaya seperti timbal, merkuri maupun formalin. Seperti yang telah kita ketahui bahwa logam berat tersebut dikategorikan berbahaya bagi kesehatan karena dapat memicu gangguan kesehatan serta merusak lingkungan.

Bukankah semua jenis cat kayu yang ada di Indonesia hampir semua menggunakan resin atau solvent? Tidak semua. Kini telah muncul cat kayu dengan teknologi terkini yang memprioritaskan bahan yang ramah lingkungan. cat tersebut merupakan cat water based yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya bahkan kandungan VOC sangat rendah.

Di Indonesia, cat water based mulai berkembang dan sudah mulai merambah di berbagai toko cat. sebelum Indonesia, cat water based sudah banyak digunakan di berbagai negara karena dijamin keamanan bahannya. Cat ini tidak memberikan efek buruk pada kesehatan maupun lingkungan karena kandungan VOC yang rendah. Selain itu, cat kayu ini memiliki kualitas yang tidak kalah bagus dengan cat solvent bahkan cara penggunaannya pun jauh lebih mudah.

Mengenal Biovarnish Clear Coat

Biovarnish-Clear-CoatBiovarnish clear coat merupakan salah satu cat water based yang diformulasikan khusus sebagai pengganti cat solvent based. Cat ini memiliki tampilan transparan sehingga sangat bagus digunakan untuk finishing rotan bahkan tampilannya tidak terkesan pucat. Selain cocok untuk rotan juga sangat bagus digunakan untuk finishing kayu, kayu lapis, enceng gondok, bambu dan serat alam lainnya.

Bahan yang digunakan pada Biovarnish Clear Coat juga telah memenuhi standar keamanan bahan kimia internasional seperti regulasi US Enviromental Protection Agency  (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA), sehingga cat ini tidak beracun, tidak berbau dan rendah VOC. Kedua regulasi ini merupakan regulasi yang mengawasi kandungan bahan kimia serta VOC dalam bahan finishing, akan sangat mudah Anda jumpai ketika produk Anda masuk ke ranah pasar internasional.

Jadi, Biovarnish Clear Coat sudah dipercaya untuk segala jenis finishing furniture, interior/eksterior ataupun kerajinan yang akan diekspor atau dipasarkan ke luar negeri.