Aplikasi Cat Anti Rayap Untuk Lapisan Furniture Kayu

218

Furniture kayu sangat rawan terserang serangga karena tidak tahan lembab. Untuk menyiasatinya sekaligus memperindah tampilan furniture gunakan cat anti rayap.

Furniture memiliki peran yang sangat penting guna bangunan rumah, penginapan ataupun resto. Tidak hanya digunakan sebagai pelengkap ruangan saja melainkan juga untuk penghias ruangan. furniture dengan ragam desain biasanya banyak menggunakan bahan baku dari kayu karena dikenal lebih kuat dan tahan lama. Namun tidak semua jenis kayu yang kuat dapat tahan terhadap serangan rayap.

Untuk mengantisipasi serangan serangga ataupun mikroorganisme perusak kayu, sebaiknya lapisi furniture dengan cat anti rayap.

 Aplikasi Cat Anti Rayap Yang Bagus

Furniture dengan bahan baku kayu perlu dirawat dengan rutin agar tampilannya tidak mudah kusam ataupun mudah terseranng serangga perusak. Sebab kayu memiliki kandungan selulosa atau gula yang dapat menarik datangnya serangga tersebut. Untuk mengatasi hal ini biasanya furniture dilapisi cat anti rayap baik warna solid ataupun sekedar transparan kayu.

Cat kayu banyak tersebar di pasaran dengan berbagai macam merk dan keunggulan yang berbeda-beda. namun, dominasi cat kayu yang banyak tersebar dipasaran tersebut adalah cat solvent based atau cat dengan bahan palerut solvent seperti thinner, spirtus atau sejenisnya. Cat ini dikenal baik untuk kayu karena mudah diaplikasiakan dan memiliki tampilan yang maksimal. Namun karena cat ini sangat mudah menguap sehingga proteksi pada kayu cukup berkurang. Bahkan kandungan bahan pada cat ini juga tidak baik untuk kesehatan ataupun lingkungan karena menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya.

Sedangkan cat anti rayap yang bagus dan aman digunakan adalah cat water based. Cat ini termasuk cat yang belum mendominasi di Indonesia namun kualitas cat ini sangat bagus digunakan pada kayu ataupun material organik lainnya. Cat water based yang sudah pasti aman dan ramah lingkungan adalah Biovarnish. Cat water based ini juga memiliki varian yang lengkap, mulai dari basecoat, wood stain dan topcoat.

Untuk mempermudah proses finishing dengan Biovarnish, berikut tahap-tahapan yang perlu Anda perhatikan:

  1. Ampelas permukaan kayu guna membersihkan kotoran ataupun sisa minyak yang masih tersisa.
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler sesuai dengan warna bahan yang digunakan. Gunakan pisau palet atau kuas ketika mengaplikasikan wood filler ini. Keringkan di tempat teduh selama 20 menit kemudian ampelas
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain ke seluruh permukaan kayu menggunakan kuas. Kemudian keringkan selama 60 menit lalu ampelas halus
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear ke seluruh permukaan kayu kemudian diamkan selama semalam untuk hasil lebih maksimal.

Cat Kayu Yang Tepat Untuk Furniture Kayu

Biovarnish merupakan cat anti rayap yang menggunakan bahan water based acrylic dan diformulasikan khusus sebagai pengganti cat kayu solvent based seperti plitur atau pernis sehingga sangat bagus digunakan untuk finishing dengan tampilan natural kayu.

Biovarnish sangat bagus digunakan untuk finishing pada kayu, bambu, rotan atau serat alam lainnya karena memiliki daya rekat film yang kuat, anti rayap dan jamur, dan transparansi warnannya yang kuat. Selain itu, cat ini sangat aman digunakan karena menggunakan bahan-bahan yang telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti US Enviromental Protection Agency dan European Chemical Agency. Sehingga cat ini tidak bahaya untuk digunakan, tidak beracun dan tidak meninggalkan bau yang sangat menyengat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here