Apa Dampak Kandungan VOC Dalam Cat Bagi Kesehatan?

Volatile Organic Compound (VOC) sangat mudah dijumpai pada pengharum ruangan atau cat. Ternyata kandungan ini berbahaya loh bagi kesehatan.

Cat merupakan sebuah kebutuhan yang selalu digunakan untuk menghias ruangan, furniture atau perabotan rumah. Namun, kandungan bahan dalam cat tidak semuanya aman digunakan. Sebagian cat menggunakan bahan kimia berbahaya dan memiliki kandungan senyawa organik yang tinggi.

Volatile Organic Compound (VOC) sangat mudah dijumpai pada cat yang berbasis minyak sebab kandungan senyawa ini sangat mudah menguap ke udara.

Bahaya VOC Bagi Kesehatan Dan Lingkungan

Volatile Organic Compound merupakan sejenis senyawa organik yang beracun dan sangat mudah menguap di udara. Penggunaannya akan sangat berbahaya bagi kesehatan jika dalam jumlah yang tinggi. Biasanya kandungan senyawa organik ini sangat mudah dijumpai pada cat yang berbasis minyak, hal ini bisa Anda buktikan dengan bau yang sangat menyengat ketika di ruangan tertutup.

Dampaknya pun sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. VOC sendiri merupakan salah satu faktor penyebab lapisan ozon mengikis, adapun dampak bagi kesehatan sebagai berikut:

  1. Mata Pedih

Dampak mata pedih biasanya sangat mudah dijumpai pada cat yang memiliki bau yang sangat menyengat. Hal ini membuktikan bahwa cat tersebut memiliki kandungan VOC yang sangat tinggi.

  1. Sesak Nafas Atau Gangguan Pernafasan

Sangat dianjurkan bagi pengguna cat untuk menggunakan masker atau alat perlindungan diri agar tidak terjadi hal yang diinginkan terlebih bagi Anda yang memiliki asma atau alergi.

  1. Iritasi Kulit

Hal ini juga berlaku bagi Anda yang memiliki kulit yang sangat sensitif atau alergi terhadap bahan kimia pada cat. Sangat dianjurkan untuk menggunakan alat perlindungan diri agar tidak iritasi.

  1. Gangguan sistem Syaraf

Hal ini dapat terjadi jika kandungan bahan atau VOC masuk ke dalam tubuh dalam jangka waktu yang lama. Sangat berbahaya jika Anda terus menghirup bau cat yang menyengat, sangat disarankan untuk meletakkan furniture atau mendiamkan ruangan Anda dalam beberapa hari agar VOC tersebut hilang.

  1. Kanker

Kanker merupakan dampak bagi kesehatan yang paling fatal dari penggunaan cat yang memiliki kandungan kimia dan VOC yang tinggi. Kanker yang sering diderita karena dampak cat adalah kanker kulit atau bagian organ dalam lainnya. Biasanya orang yang menderita kanker ini adalah orang yang secara terus-menerus menghadap finishing tanpa alat pengamanan diri